Install Wordpress pada CentOS

Seiring berkembangnya Internet, informasi dan pelajaran menjadi hal yang sangat mudah diakses dengan kehadiran blog dan media online yang berfungsi sebagai penyuara. Tentu banyak pilihan untuk membangun blog, namun Wordpress tak bisa lagi dipungkiri sebagai salah satu pemain besar sebagai sebuah Content Management System (CMS). Wordpress adalah layanan open source yang mampu memodifikasi dan menyesuaikan kebutuhan penggunaannya dengan dukungan PHP dan MySQL. WordPress saat ini menjadi platform CMS bagi beberapa situs web ternama. 
Dalam posting kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya menginstal wordpress pada linux Centos yang mudah mudahan akan berguna banyak untuk pembuat website pemula seperti saya . Langsung saja dibawah adalah tutor yang disediakan  untuk membuat website selamat menikmati.

DOWNLOAD  WORDPRESS
   
    Pertama tama adalah mengunduh aplikasi , jika tidak ada instalan wordpress sebelumnya . Jika tidak maka Install aplikasi wget untuk mengunduh Wordpress melalui perintah:

apt-get install wget

Setelah itu unduh Wordpress dari website tersebut:

wget http://wordpress.org/latest.tar.gz

Nah, setelah aplikasi berasil diunduh maka file harus di unzip karna file dalam format zip dan tidak bisa terbaca jika langsung dilakukan proses penginstalan .

tar -zxvf lastest.tar.gz


DATABASE WORDPRESS

     Pertama-tama, Jjalankan perintah seperti dibawah ini :

mysql -u root -p

Saat mengakses ini maka userharus masuk dalam posisi root dan memasukkan pass root tersebut untuk akses database MySQL .Pada tag Nama username “wordpress”  dapat diubah  dengan nama domain atau user . Pembuatan user baru untuk Wordpress ini adalah sehingga tidak langsung root . Lalu ketikkan seperti dibawah ini :
create user 'user'@'localhost' identified by 'password'
Berikan hak akses (privileges) untuk user baru tersebut dengan perintah berikut ini:
grant all privileges on wordpress.* to user@localhost identified by 'password';
Setelah langkah tersebut sudah selesai maka, lanjut dengan langkah berikutnya yaitu  perintah dibawah ini dan, Refresh MySQL dengan perintah:
flush privileges;
Lalu, keluar keluar dari MySQL:
exit;


KONFIGURASI WORDPRESS


    
   Ada beberapa cara untuk membuat settingan pada wordpress yang antara lain adalah pada bagian seperti di bawah ini . Salin file contoh konfigurasi yang ada di direktori Wordpress ke dalam direktori yang sama Anda mengintsallnya, tetapi dibedakan nama filenya.
cp ~/wordpress/wp-config-sample.php ~/wordpress/wp-config.php
Buka file config tersebut:
vi wp-config.php
Lalu pada line berikut dan ganti dengan nama yang sesuai yang telah kita  buat :
define('DB_NAME','wordpress');
define('DB_USER','user');
define('DB_PASSWORD','password');


Jangan lupa simpan sebelum keluar. Copy dan paste file Wordpress ke dalam home directory Anda, misalnya di /var/www/html/ atau/home/user/public_html, kemudian ubah hak akses untuk folder Wordpress dengan perintah:
user * -R
usermod -a -G user username
Agar wordpress bisa untuk mengunggah gambar dan foto, maka perlu ditambahkan module PHP.
apt-get install php-gd




EDIT TEMPLATE

Pada saat mengedit sebuah wordpress  maka akan ada sebuah pengaturan dimana akan banyak desain yang dapat digunakan dan digonta ganti sesuai dengan apa yang diinginkan sang user , dalam judul ini akan dibahas beberpa contoh  pengaturan untuk tampilan wordpress . Scrennshot akan dilampirkan di bawah agar dapat memudahkan bagi pembaca . Bagian tersebut adalah sebagai berikut .
  • Meu Utama 




  •  Menu Design Web









Demikian postingan saya kali ini jika ada yang kurang atau ada kesalahan dalam hal penuliasannya mohon dimaafkan mengenai hal soal tentang linux dan hal hal yang berkaitan akan diposting pada post berikutnya . Terimakasih atas perhatianya dan terimakasih , sampai ketemu di postingan berikutnnya .

Link terkait : STT-PLN JAKARTA

Comments

Popular Posts